Perbedaan antara Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Sistem Komputer, dan Software-Engineering

Banyakk orang yang salah “kaprah” dan keliru tentang pengertian dan perbedaan antara Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Sistem Komputer, dan Software-Engineering. dibawah ini akan di jelaskan secara sigkat pengertian dan perbedaannya.

1. Information Technology (IT)

Teknik informatika merupakan disiplin ilmu yang menginduk pada ilmu komputer, yang pada dasarnya merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan fakta-fakta simbolik (data) dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer. Transformasi itu berupa proses-proses logika dan sistematika untuk mendapatkan solusi dalam menyelesaikan berbagai masalah, sehingga dengan memilih program studi Teknik Informatika, kita menjadi terlatih berpikir secara logis dan sistematis untuk dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan pekerjaan apapun. Jurusan ini menghasilkan lulusan yang mampu bekerja secara efektif dalam   merencanakan, mengimplementasikan, mengkonfigurasi, dan merawat infrastruktur teknologi informasi dalam organisasi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Teknologi Informasi

Teknologi Informasi adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern.

 

3. Information System (IS) (Sistem Informasi atau Manajemen Informatika)

Sistem Informasi adalah ilmu yang mempelajari berbagai konsep teori dan strategi penerapan sistem informasi dalam organisasi, terutama dalam kaitannya dengan proses penciptaan, pengolahan, penyimpanan, pendistribusian, dan pengawasan data/informasi/knowledge di seluruh tataran dan ruang lingkup organisasi. Jurusan ini menghasilkan lulusan yang mampu menganalisi kebutuhan dan proses bisnis, serta mendesain sistem berdasarkan tujuan dari organisasi.

 

 

 

 

 

 

 

 

4. Computer Engineering (CE) (Jurusan Sistem Komputer atau Teknik Komputer)

Sistem Komputer sendiri lebih ke arah hardware,  di sini kita akan menemui cara-cara dan teknik membuat hardware komputer, kita akan menemukan caranya membuat compiler dan bagaimana suatu program dapat berjalan jika di double klik, serta hal mendetail lainnya.

Jurusan ini menghasilkan lulusan yang mampu mendesain dan mengimplementasi sistem yang terintegrasi baik software maupun hardware.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5. Software Engineering (SE) (Rekayasa Perangkat Lunak)

Software engineering adalah disiplin ilmu yang menerapkan prinsip-prinsip engineering agar mendapatkan software yang ekonomis yang dapat dipercaya dan bekerja lebih efisien pada mesin yang sebenarnya.

Jurusan ini diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu mengelola aktivitas pengembangan software berskala besar dalam tiap tahapannya.

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber:

http://romisatriawahono.net/2007/08/03/tips-dan-trik-memilih-jurusan-komputer

http://www.digitalkafe.com/?p=104

http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi

http://www.mikroskil.ac.id/ti/

http://www.bangjohan.com/2010/03/jenis-jenis-jurusan-komputer-dan.html

About these ads

28 thoughts on “Perbedaan antara Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Sistem Komputer, dan Software-Engineering

  1. kalau SISTEM INFORMASI dengan SISTEM KOMPUTER itu lebih luas mana wawasan nya????? mohon di jawab ya yang bisa.. coz, aq bingung nih pilih mana diantara 2 jurusan pada fakultas kampus saya…….

    • kalau di kampus saya, sistem informasi cenderung ke arah pemrograman , pembuatan aplikasi dan web dengan berbagai macam bahasa pemrograman. sistem informasi hampir serupa dengan teknik informatika tapi mempunyai kekhususan masing-masing jurusan. sedangkan untuk sistem komputer cenderung ke arah hardware, bahasa pemrograman mesin, dan elektro. disini sistem komputer lebih bermain ke arah robotika dan pemrogramannya dengan pengaplikasiannya dengan komputer.

    • banyak sekali contoh-contoh sistem informasi yang ada dalam kehidupan manusia, berbagai macam bentuknya mulai dari yang sederhana hingga yang sangat kompleks. Namun yang paling terasa terlihat jelas adalah pada alat-alat elektronik yang membutuhkan komunikasi / pertukaran data.

    • Yang paling penting saat menginjak perguruan tinggi adalah kemauan untuk belajar, karena sesulit apapun itu jika kita mau dan dengan minat yang tinggi apapun bisa dilalui.

  2. mas, gue lebih suka ke pemprogaman sekaligus pembuatan software kalau bisa desain web , hru ambil Teknik Komputer atau Teknologi informasi atau IT ?

    • Kalau menurut saya ambil jurusan Teknologi Informasi, karena jurusan tersebut memang di prioritaskan untuk mahasiswa yang gemar membuat software, apliksai ataupun web.

    • Kedua jurusan itu (teknik informatika dan teknologi informastika) hampir serupa, tergantung dari setiap universitas nya. Tapi kalau menurut saya semua jurusan itu bagus, tergantung dari mahasiswanya apakah dia benar menikmati belajarnya atau tidak. kalau menikmatinya, insyaallah prospek masa depannya pasti bagus. :)

  3. saya baru masuk kuliah jurusan tekhnik komputer tahun ini,jd belum mengerti apa itu tekhnik komputer,tapi saya ingin belajar apa itu tekhnik komputer itu sendri…pasti bisa.

    • wah semangat ya..saya yakin setiap ada keinginan pasti ada kemudahannya..
      untuk sekilas saja, tekhnik komputer berkaitan erat dengan hardware yanng ada di komputer. sebagai mahasiswa nantinya anda bukan hanya mengetahui bentuk-bentuk dari hardware yg ada di komputer, melainkan juga mempelajari bagaimana pengiriman data berlangsung dari interface misalnya keyboard hingga muncul di layar monitor. bisa juga anda nantinya bermain dengan mikrokontroler yang biasanya dipakai ntuk membuat robot.

  4. saya baru masuk kuliah d jurusan tekhnik komputer,saya tdk mengerti apa itu artinya…
    bnyk sebagian orang mengatakan mengambil jurusan tsb agak sulit…yg saya ingin tanyakan,bagian manakah yang sulit dr jurusan tsb…karna saya blm tahu jurusan tsb…trmksh.

    • Wah kebetulan sekali saya lulusan sistem komputer (serupa dengan sistem komputer) jadi sdikit mengerti tentang jurusan ini.
      Sulit itu relatif, tergantung dari mahasiswanya. Sebagai gambaran mungkin di semester awal anada masih belajar hampir serupa dengan yang ada di SMA.
      setelah itu anda akan belajar tentang sedikit tentang listrik, jaringan komputer, bagaimana cara pengiriman data, bahasa pemrograman (biasanya bahasa pemrograman mesin seperti Assembler dan C++), robotika, dll.

  5. saya bingng mau ngambil jurusan teknik informatika apa sistem informasi .
    menurut kalian apa yg harus saya ambil .
    saya sukanya internetan dan ingin belajar membuat software .
    yg tau kasih tau ya .
    makasih .

  6. Ping-balik: UTS Sistem Informasi | tekholic

  7. Berarti kalau ada univ yg menulis daftar jurusannya manajemen informatika sedangkan di univ lain sistem informasi atau sistem informatika maka itu semua saja kan?

  8. saya mw kuliah,tp bingung memilih jurusan antara teknik informatika atu sistem informasi,yg prospek krjanya lebih luas?

  9. Aku bingung ne mau pilih jurusan apa? aku ne suka ama barang elektronik terutama komputer N Handphon aku suka mengotak atik barang tersebut bila rusak N aku tu pengen jadi mekanik komputer N Barang elektronik lainnya aku bingung mau masuk teknik Informatika apa teknik komputer?
    bantu dong…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s