Tampil Berkesan saat Wawancara

Wawancara adalah tahap yang lumrah dilakukan dalam proses perekrutan karyawan. Tahap ini dibuat untuk lebih mengenal pribadi si pelamar serta mencari informasi yang relevan dengan posisi yang ditawarkan. Oleh karena itu, si pelamar (pencari kerja) harus, kudu, wajib lah mempersiapkan dirinya sebaik mungkin. Untuk itu ada beberapa kiat yang bisa lw terapkan.

Sebelum hari wawancara tiba, ada baiknya lw melakukan riset atau penelitian kecil-kecilan ya semacam browsing di internet untuk mengetahui profil perusahan yang lw lamar dan untuk mendapatkan deskripsi pekerjaannya.

Datang tepat waktu menjadi hal yang ga boleh lw anggap spele. Usahakan kalau bisa anda datang 15 menitt lebih awal. Tujuannya, supaya lw punya waktu untuk sedikit relaks dan mengisi formulir aplikasi data diri dengan tidak terburu-buru. Jangan lupa untuk tampil mengenakan busana yang rapi dan bergaya demi mendukung penampilan yang baik.

Tiba saat dipanggil dan masuk ke ruangan wawancara. Lw dapat menyapa kemudian berinisiatif untuk menjabat tangan si pewawancara lebih dulu, sekaligus mengenalkan nama lw dengan suara yang jelas. Kemudian selama proses wawancara berlangsung, tetap bersikap sopan, memberikan senyuman, dan berusaha untuk tetap relaks.

Saat si pewawancara memberikan penjelasan, dengarkan dengan seksama, dan mulailah untuk menjawab pertanyaannya secara ringkas dan terarah. Biasanya sebagai ice breaker sipewawancara akan mulai bertanya “Tolong ceritakan tentang diri Anda” dalm waktu 5-10 menit. Ini adalah kesempatan lw untuk mempromosikan diri, dengan berpijak pada pengalaman yang lw punya. Masukan pengalaman kerja dan atau latar belakangg pendidikan sebagai info penting untk pihak pewawancara.

Jawablah setiap pertanyaan dengan antusias dan tetap fokus, tidak terburu-buru. Coba berikan contoh atau ilustrasi nyata tentang kemampuan lw yang disesuaikan dengan posisi yang dilamar.

Biasanya, lw juga dapat diberi kesempatan bertanya oleh si pewawancara, sesi ini untuk bertanya apa yang lw perlu tahu tentang pekerjaan yang lw lamar, ataupun juga tentang proses prekrutan selanjutnya.

Selesai wawancara, lw dapat menyalami kembali pewawancara dengan sopan dan mengucapkan terima kasih atas waktunya. Dalam waktu 2-3 hari, lw juga bisa mengirimkan thank you note kepada pihak yang mewawancarai, untuk memberikan apresisasi dan minat untuk bergabung ke dalam perusahan tersebut.

2 thoughts on “Tampil Berkesan saat Wawancara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s