Sherlock Holmes

Akhirnya setelah ngga sempet nonton untuk sekian lama, kemarin gw nonton lagi. Kali ini film yg gw tonton adalah Sherlock Holmes. Film yang udah lama gw tunggu-tunggu tapi baru sempet nonton krena ke bentrok ujian mulu.

Film Sherlock Holmes arahan Guy Ritchi ini diisi aktor dan aktris terkenal, diantaranya Robert Downey Jr sebagai detektif dari 221B Baker Streeet tersebut dan Jude Law sebagai Dr. Watson sang partner setia Sherlock Holmes.

Film ini berawal ketika Holmes, Watson, dan para polisi yang di pimpin Inspektur Lastrade (Eddie Marsan) menggagalkan upaya pembunuhan yang dilakukan oleh Lord Blackwood (Mark Strong). Ternyata, kasus belum selesai. Stetelah ditangkap dan dijatuhi hukuman mati, Lord Blackwood bangkit dari kuburnya dan coba meneror kota london dengan teror ilmu sihirnya. Sherlock Holmes dan dr. Watson pun tak tinggal diam. dengan logika dan ilmu deduksi yang dimiliki holmes, satu persatu misteri tentang ilmu hitam itu pun dapat dipecahkan dengan gemilang. Mulai dengan menjilati batu nisan, memotong ekor tikus, dan bermain dengan bahan kimia yang menjadi salah satu kehebatan Holmes, sampai coba mempraktekkan menjadi seorang penyihir. Namun ditengah penyelidikan yang dilakukannya, ia di ganggu oleh pencuri cantik nan pintar, Irene Adler (Rachel McAdams) yang juga dicintai Holmes. Irene adler terpaksa memberitahu informasi kepada Prof. Moriarty -yang digambarkan dalam novel sebagai musuh utama Sherlock Holmes, karena memiliki kecerdasan yang bisa dibilang sama dengan Holmes, ditambah otak jahat dan kelicikannya- tentang jejak langkah penyelidikan Holmes, karena jika tidak maka Holmes akan dibunuh. Akhir cerita, holmes berhasil menggagalkan blackwood membunuh para anggota parlemen Inggris dengan senjata kimia pertama yang diciptakan manusia.

Sifat Holmes

Menurut gw, Guy Ritchie berhasil menggambarkan sifat-sifat yang dimiliki Sherlock Holmes lewat peran yang dimainkan Robert downey Jr. Holmes yang menjadi agak gila jika susunan saraf otaknya tidak dipakai, menyenangi kimia dan biola, serta cara berpikirnya yang selalu selangkah didepan yang merupakan ciri khas utama yang dimilki Holmes.

Ritchiejuga berhasil melakukan teknhik pengambilan gambar yang sempurna ketika Holmes berkelahi dengan musuhnya. Dia melakukannya dengan mengambil gerak lambat saat holmes coba membayangkan bagaiman dia akan mengalahkan musuhnya dengan tekhnik yang logis, setelah itu film diputar dengan gerakan cepat, sehingga membuat takjub para penonton yang melihatnya.

Di film ini juga ada gaya mengejek halus ala Holmes dan pertengakaran kecil antara holmes dan Watson tentang pertunangannya, yang dapat menyegarkan penonton dengan sedikit lelucon.

Mungkin gw akan ngasih 4,5 dari 5 bintang jika gw harus ngasih penilaian. Film yang patut lw tonton karena di film ini banyak banget pesan moral yang dapat kita ambil, yang paling utama bukana hanya karena kebaikan mengalahkan kejahatan, tapi juga pendekatan rasional danlogika yang menuntun keluar dari kegelapan takhayul belaka. Semoga saja dibuat sekuelnya, dan gw berharap akan lebih dahsyat lagi untuk film yang berikutnya.

2 thoughts on “Sherlock Holmes

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s