SINTAKSIS

Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang sintaksis. Sintaksis dalam bahasa Indonesia adalah bagian dari tata bahasa yang mempelajari proses pembentukan kalimat, atau yang menganalisis kalimat atas bagian-bagiannya. Kalimat sendiri ialah kesatuan bahasa atau ujaran yang berupa kata atau kumpulan kata disertai intonasi yang menunjukkan bahwa kesatuan itu sudah lengkap. Setiap kalimat mewakili satu gagasan utama. Nah, di dalam sebuah sintaksis ini nantinya kita juga akan mempelajari tentang frase dan klausa. Apakah frase dan klausa itu?

Frase dan Klausa

Telah dijelaskan di atas bahwa kalimat dapat berupa kata atau kelompok kata. Kelompok kata yang membentuk satu kesatuan dan menduduki satu fungsi gramatikal dalam kalimat ialah frase . Frase tidak bersifat predikatif atau tidak mempunyai predikat. Sekelompok kata yangmenjadi bagisn kalimat dan memiliki predikat ialah klausa. Coba kita lihat contoh di bawah ini.

Mahasiswa itu sudah mengatakan bahwa dia tidak dapat mengikuti ujian bahasa Indonesia.

Kalimat di atas terdiri atas dua klausa: (a) Mahasiswa itu sudah mengatakan dan (b) bahwa dia tidak dapat mengikuti ujian bahasa Indonesia. Klausa (a) merupakan klausa bebas, secara potensial dapat berdiri sendiri dan mampu menjadi kalimat. Klausa (b) adalah klausa terikat atau klausa yang menjadi bagian klausa bebas, yang dalam klaimat di atas  menjadi objek verba transitif mengatakan. Kalimat demikian termasuk kalimat majemuk bertingkat atau kalimat subordinatif.

Yang merupakan frase dalam kalimat di atas ialah (a) mahasiswa itu, (b) ujian bahasa Indonesia, yang merupakan frase nominal, dan (c)sudah mengatakan, serta (d) ttidak dapat mengikuti, yang merupakan frase verbal.

2 thoughts on “SINTAKSIS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s