TRIPLE FILTER TEST

Kalian tahu apa itu triple filter test? Isi tulisan ini bukan tentang saringan untuk air atau yang sejenisnya. Tapi tetang kehidupan. Saya sendiri tahu tentang triple filter test dari salah satu rubrik kesukaan saya di koran Kompas. Rubrik itu berjudul Parodi yang ditulis oleh om Samuel Mulia. Kalau boleh jujur, alasan saya membeli koran Kompas setiap minggu pagi ya gara-gara rubrik yang diasuh oleh om Samuel Mulia ini. Rubrik yang membicarakan tentang hidup yang tidak selalu sempurna, dan memakai kata-kata yang apa adanya dan tidak terkesan dibuat-buat

“A good life” itu judul rubrik parodi pada tanggal 22 Agustus 2010 yang  mengantar saya kemudian pada cerita tentang triple filter test. Di edisi ini om Samuel menulis tentang pesan yang dia dapat lewat Blackberry nya yang kemudian membuat dia merasa “tertampar”. Ada dua pesan yang diterima, namun saya akan menceritakan satu pesan saja yang menurut saya sangat menarik. Isi pesannya sebagai berikut.

Test, test, test.

Di Yunani kuno, Socrates terkenal memiliki pengetahuan yang tinggi dan sangat terhormat. Suatu hari seseorang datang padanya dan terjadilah percakapanseperti dibawah ini.

Seseorang: “Tahukah Anda apa yang saya dengar tentang teman Anda?”

Socrates: “Sebelum Anda menceritakan apapun pada saya, saya akan memberikan suatu test sederhana. Triple Filter Test

Seseorang: “Triple Filter Test?

Socrates: “Benar. Sebelum saya membicarakan tentang teman saya, saya kira bagus kalau kita mengambil waktu beberapa saat, dan menyaring apa yang akan Anda katakan. “Filter pertama adalah Kebenaran.” Apakah Anda yakin sepenuhnya bahwa yang akan Anda katakan pada saya benar?”

Seseorang: “Tidak.” Jawab orang itu. “Sebenarnya saya hanya mendengar tantang itu.”

Socrates: “Baik. Jadi Anda tidak yakin bila itu benar. “Baiklah sekarang saya berikan filter yang kedua, filter Kebaikan.” Apakah yang akan Anda katakan tentang teman saya itu, sesuatu yang baik?”

Seseorang: “Tidak, malah sebaliknya.”

Socrates: “Jadi, Anda akan berbicara tentang sesuatu yang buruk tentang dia, tetapi  Anda tidak yakin apakah itu benar. Anda masih memiliki satu kesempatan lagi, yaitu filter Kegunaan. Apakah yang akan Anda katakan pada saya tentang teman saya itu berguna bagi saya? ”

Seseorang: “Tidak. Sama sekali tidak.”

Socrates: “Jadi, kalau Anda ingin mengatakan sesuatu yang belum tentu benar, buruk dan bahkan tidak berguna, mengapa Anda harus mengatakannya kepada saya?”

One thought on “TRIPLE FILTER TEST

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s