Penanganan Risiko Kerugian di Pet Shop “Luthu’na”

Bisnis yang mungkin terbilang “tidak ada matinya” salah satunya adalah toko hewan peliharaan atau yang akrab disebut “Pet Shop”. Bisnis yang berkaitan erat dengan hobi sehingga jika dapat menjalankan dengan baik dapat bertahan dan berkembang dikarenakan penggemar hewan peliharaan tidaklah sedikit. Selain untuk para pecinta binatang, pet shop seperti ini juga sangat bermanfaat bagi para peternak yang membutuhkan bantuan terhadap hewan peliharaannya.

Bisnis yang bisa dibilang aman ini, tak lepas dari kendala kerugian jika tidak dapat mengolah dan menata segala macam kemungkinan yang terjadi. Ada beberapa macam bahaya (hazard) yang kemungkinan ditemukan di dalam bisnis pet shop, diantaranya adalah sebagai berikut:

¡    Physical hazard

  1. Konsumen memiliki alergi terhadap hewan pelihraan sehingga mengurangi minat untuk membeli dan merawat hewan yang ada di pet shop.
  2. Terdapat penyakit/kelainan yang di idap oleh hewan yang ada di petshop sehingga hewan tersebut tidak dapat dijual.

¡    Moral Hazard

  1. Ketidaktahuan pelayan terhadap jenis hewan peliharaan yang sesuai atau yang diinginkan ppengunjung sehingga membuat pengunjumg bingung/ragu untuk memelihara hewan peliharaan.

¡    Morale Hazard

  1. Kecerobohan pelayan karena lupa memberikan pakan terhadap hewan yang ada di toko sehingga membuat hewan menjadi sakit atau bahkan mati.

¡    Legal Hazard

  1. Ketidaksesuaian berkas-berkas atau surat keterangan dari instansi yang berwenang terkait asal-usul dan kesehatan hewan peliharaan yang diperdagangkan.

Apabila hal tersebut diatas terjadi, maka tentu saja risikomurni yang didapatkan oleh pengelola petshop tersebut. Untuk mengatasinya, dapat dilakukan beberapa penanggulangan risiko, diantaranya:

ü  Meneliti dahulu hewan-hewan yang akan diperdagangkan, mulai dari surat-surat dan kesehatannya.

ü  Memilih pelayan yang memilki pengetahuan yang memadai terhadap berbagai macam satwa.

ü  Membuat jadwal pakan yang sesuai dengan satwa-satwa yang ada di dalam toko.

Dengan cara di atas, maka penangan resiko akan semakin gampang tanpa pengelola harus mengalami kerugian dalam jumlah besar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s